Pengaruh Tagline “Gratis Ongkir†Market Place Shopee Terhadap Minat Beli Gen Z di Kota Tangerang Selatan

Authors

  • An Nisa Ratutara Universitas Terbuka
  • Yusuf Yusuf Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.33019/fh8hza83

Keywords:

Generasi Z, Market Place, Minat Beli, Tagline

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami atau mengetahui sejauh mana tagline "Gratis Ongkir" yang dimiliki market place Shopee dapat memengaruhi minat beli generasi Z di kota Tangerang Selatan. Populasi dalam penelitian ini melibatkan generasi Z di kota Tangerang Selatan yang pernah melakukan pembelian online melalui market place Shopee minimal satu kali. Metode pengambilan sampel yang diterapkan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 individu. Pemilihan sampel dilakukan secara sengaja berdasarkan kriteria tertentu dan bisa dipengaruhi oleh kebetulan atau faktor lain yang sudah direncanakan sebelumnya. Pengolahan data dilakukan melalui uji regresi linear berganda, uji t, dan uji koefisien determinasi dengan menggunakan perangkat lunak IBM SPSS versi 29.00. Dari hasil pengujian yang dilakukan peneliti, diperoleh nilai t-hitung sebesar 10,781, melebihi nilai t-tabel yang sebesar 1,980. Sebagai hasilnya, dapat disimpulkan bahwa terdapat penolakan terhadap hipotesis nol (H0) dan penerimaan terhadap hipotesis alternatif (Ha). Hal ini menandakan bahwa tagline "Gratis Ongkir" di market place Shopee dapat mempengaruhi minat beli generasi Z di kota Tangerang Selatan.

Published

2025-11-15 — Updated on 2025-07-23

How to Cite

Pengaruh Tagline “Gratis Ongkir” Market Place Shopee Terhadap Minat Beli Gen Z di Kota Tangerang Selatan. (2025). Holistic Journal of Management Research, 10(1), 1-9. https://doi.org/10.33019/fh8hza83